Senin, 07 November 2016

Diary UTAC Indonesia untuk Wisuda Unhasy 2016

‎Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
1 November pukul 14:04 · 

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 1

Tanggal 30 Oktober 2016 kemarin kita latihan beberapa lagu, secara 'gradakan' (tanpa planning). Fokus utama adalah pembenahan nada yang sering 'miss'. Lagu-lagu tersebut antara lain Indonesia Raya, Mars Unhasy, Hymne Unhasy, Tanah Airku, Indonesia Pusaka, Bagimu Negeri, Thala'al Badru, dan Tumhiho (versi shalawat).

Latihan kedua dan ketiga besok Sabtu dan Ahad 5-6 November 2016 jam 13.00 WIB. Kasih tahu teman-teman yang lain ya. Terutama yang gak bawa hape atau yang gak terjangkau sinyal dan paketan internet. ;)




_____________

‎Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
7 November pukul 11:07 · 

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 2-3

Jadi, ceritanya nih, pertemuan kedua, 5 November 2016, diisi full sama lagu Gedemus (copas istilah Pak Albab untuk Gaudeamus Igitur). Dan yang dilatihkan adalah solmisasi partitur. Oke. Semua suara udah dapet porsi masing-masing. Sopran dapet suara 1, alto dapet suara 2, bass dapet suara 4. Suara 3-nya (tenor) gak ada, hehehe.

Lanjut ke pertemuan ke-3, 6 November 2016, pemantapan lagu Gaudeamus Igitur (GI) lagi untuk yang kedua kalinya, ditambah beberapa lagu secara 'gradakan' alias tanpa persiapan selain partitur. Selain itu, lagu yang dilatih di hari Ahad kemarin adalah lagu Rayuan Pulau Kelapa dengan style canon (bersahut-sahutan). Sempet salah suara sih, karena Pak Albab naruh suara 1 (yang nada-nadanya rendah-rendah) di sopran, sementara suara 2 dan suara 3 (yang notasinya tinggi-tinggi) ditaruh di alto dan bass. Alhasil, wajah temen-temen alto dan bass yang dikenal suara rendahnya jadi merah padam gara-gara gak nyampe nada tinggi. -_-

Akhirnya, setelah latihan satu partitur full, Pak Albab tepuk jidat juga setelah dikasih tau bahwa suara 1 diambil oleh alto dan bass, bukan sopran. Jadi, latihan tadi itu kesalahan tanpa kesadaran, hohoho. Sabar ya, Pak. ^_^
Sopran, pindah kamar dulu ya, siap-siap nyeret suara. ;)

Pas mau pulang, pasukan bass udah kembali ke habitat masing-masing. Pasukan sopran dan altonya masih setia di ruang pertemuan dosen. Dimanfaatin deh buat latihan lirik GI. Alhamdulillah, setelah butuh waktu sekitar 15 menit buat naruh lirik di notasi yang mana, akhirnya bisa fix juga.

Lagu yang sudah pernah dilatih: Cublak-Cublak Suweng, Thala'al Badru, Gaudeamus Igitur, Indonesia Raya, Mars Unhasy, Hymne Unhasy, Rayuan Pulau Kelapa, Tumhiho versi shalawat, Tanah Airku, Indonesia Pusaka, Terima kasihku, Hymne Guru, Perahu Layar, Cinta Sejati, Bagimu Negeri, dan Yamko Rambe Yamko.

Yang belum: Si Batu Manikam, Kalamun Qadim, Kota Santri, Rahmat Quran, Busyro Lana, Ya Rasulallah, Muhammad Mataharinya Dunia, Kun Ma'iy, Madinatul 'Ilmi, Gambang Suling, Shalatun bi Salamil Mubin, Laskar Pelangi, Manuk Dadali, Alhamdulillah, dan beberapa lagu lain.

Pertemuan selanjutnya, 12 November 2016, harap HADIR TEPAT WAKTU sebelum jam 13.30 WIB ya sodara-sodara, untuk latihan bersama lagu GI (terutama bass yang belum latihan lirik sama sekali) plus ada informasi mengenai teknik vokal, adab di atas stage (arena wisuda), hingga make up dan atribut.













____________

‎Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
15 November pukul 13:00 ·

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 4-5

Hari Sabtu dan Ahad kemarin, 12-13 November 2016, tim UTAC Indonesia fokus latihan perbaikan suara. Di hari Sabtu, lokasinya masih di ruang pertemuan dosen (RPD) lantai 1, pembenahan Gaudeamus Igitur dan Rayuan Pulau Kelapa, ditambah beberapa lagu yang belum dilatih.

Sorenya, ada pemberitahuan mengenai kode etik on the stage, mulai dari cara duduk, cara berdiri, peringatan untuk tidak belajar nyeberang (baca: tolah-toleh) di atas panggung, choir singer jangan sampai pegang mic walaupun ada yang 'sengkleh' (secara, itu kan tugasnya tukang sound), kesepakatan tidak bawa ponsel selama perform, hingga kipas dan volume suara saat masuk acara inti. Sebelum pulang, sepakat untuk latihan keesokan hari (Ahad) jam 8 pagi. Lokasi awalnya, di laboratorium PGMI lantai 3, tapi kemudian diralat dan tetap latihan di RPD.

Besoknya, hari Ahad, ternyata RPD sudah diisi oleh mahasiswa dan dosen (digunakan sebagai ruang kuliah). Akhirnya kita menuju ke lab PGMI. Sudah berkumpul di lantai 3, keyboard juga sudah digotong ke lab PGMI, ndilalah perkuliahan di RPD 'dibubarkan' alias pindah tempat untuk memberi tempat latihan buat UKM PSM. :D :D :D

Akhirnya, dengan diselingi hujan angin yang agak mengerikan serta disinari penerangan satu di antara 6 lampu, latihan tetap dilaksanakan di lantai 3, mulai jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

Yang sudah dipelajari alhamdulillah banyak. Koreo Cublak-Cublak Suweng, Perahu Layar, Manuk Dadali, Yamko Rambe Yamko, dan Gambang Suling sudah tuntas. Lagu Rahmat Quran juga sudah disepakati hanya menyanyikan yang Bahasa Arab saja. Selain itu, lagu Terima Kasihku rencananya hanya dinyanyikan oleh pasukan alto dan bass 2, sementara lagu Hymne Guru dinyanyikan oleh pasukan sopran dan bass 1.

Pertemuan ke-5 (19 November 2016, jam 13.00 WIB) insya Allah kita bahas lagu hiburan (Laskar Pelangi, Cinta Sejati, Alhamdulillah, dan Syubbanul Wathan).
Pertemuan ke-6 (20 November 2016, jam 8.00 WIB) kita latihan lagu khusus yang ada solisnya.

O ya, satu lagi. Pertemuan ke-7 dan ke-8 (21 dan 22 November 2016) dimulai pukul 15.00 WIB hingga selesai isya'. Jadi, yang perlu surat izin ke pondok, silakan hubungi manager kita Nurul Lathifatul Hakimah dan Chaa Yoelisaa. :)










____________

Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
21 November pukul 9:06 ·

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 6-7

"Hah? Latihannya pagi?"
"Iya Bun, Pak Albab udah di kampus nih!"

Hahahahaha, UTAC punya cerita juga. Sepakatnya, hari Sabtu kemarin kita latihan jam 13.00 WIB. Tapi mendadak jadwalnya dimajukan. Alhasil, jadi deh latihannya digeser ke jam 8 pagi dan lokasinyapun bisa ditebak: Lab PGMI lantai 3 (lagi). :D

Alhamdulillah, beberapa lagu yang ada solisnya udah dicicil dikit-dikit pas hari Sabtu kemarin, dan disambung di hari Minggu (yang latihannya juga dari pagi, di ruang pertemuan dosen).

Untuk agenda hari ini, latihannya dimulai jam 15.00 WIB ya kawan-kawan. Yang belum dapet surat izin buat pondok (karena kita pulangnya habis Isya'), langsung temui Nurul Lathifatul Hakimah. :)

O ya, sebelum Pak Albab datang, nanti waktunya digunakan untuk bikin flower crown. Bahannya udah dibeli sama Icha Yoelisaa dan Vietz. :)






__________

‎Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
22 November pukul 12:16 ·

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 8

Kemarin, 21 November 2016, ruang pertemuan dosen sudah meriah dengan kehadiran pasukan UTAC. Agenda latihan dengan jadwal mulai 15.00 WIB (untuk sesi bersama member) dan 17.00 WIB (untuk sesi bersama pelatih) terlaksana.

Rencananya, hari itu dijadikan hari gladikotor pertama untuk sesi lagu praacara hingga prosesi wisuda sebagian fakultas. Faktanya, yang terjadi bukan cuma gladikotor, melainkan juga pemantapan dirigen hingga heboh asesoris dan kostum untuk perform besok Sabtu. :D

Intinya, kemarin sudah fix 90% untuk lagunya. Sisanya tinggal pemantapan solis dan memastikan member sudah menghafal semua lagu.

Hari ini, 22 November 2016, akan latihan kembali untuk gladikotor kedua. Lagu yang belum dimantapkan ada 9 lagu. Mulai besok sudah tidak ada latihan lagi hingga Jumat (gladibersih wisuda) di arena wisuda.

Jaga kesehatan fisik ya Kawan-Kawan. Tingkatkan kualitas suara, atau minimal jaga kondisinya tetap fit. Untuk sementara puasa es, gorengan, dan makanan yang dikhawatirkan 'menyenggol' pita suara, setidaknya sampai wisuda selesai.

Ketemu nanti di jam latihan. H-4 wisuda. Semangaaattt!!! ^_^ (y)







_________

NB: Ketemu sama alumni UTAC Indonesia, Aisyah Rahma. Dulu sih dia jadi penyiarnya radio Suara Tebuireng, tapi sekarang dia bakal jadi manten di wisuda Unhasy 2016. Happy graduation ya, Ais. ^_^

____________

‎Izzatush Shobihah‎ ke Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UTAC) -- UKM PSM UNHASY Tebuireng Jombang
23 November pukul 9:06 ·

A Rose Harmony Rehearsal Session: Day 9

Alhamdulillah, tinggal berdoa semoga perform nanti bisa lebih baik dari waktu latihan. Aamiiin. :)

Hari ke-9, agendanya gladikotor kedua, outdoor, penataan daftar lagu, hingga pembenahan koreo dan lagu canon (ada tambahan koreo di akhir lagu Yamko Rambe Yamko). Finally, tuntas semua. Tapi seperti biasa, agenda tidak tinggal agenda. Mesti ada sisipan. Apa itu?

Yak! Betul sekali. Pembagian jas. Dan dalam waktu kurang dari 10 menit, ruang pertemuan dosen sudah bukan replika studio paduan suara lagi, melainkan jadi aula arisan ibu-ibu PKK. :D

Setelah pembagian jas, member langsung latihan outdoor. Di akhir latihan, pasukan sopran, alto, dan bass sepakat untuk 'mencoba' lagu Perahu Layar. Dan bisa ditebak, dirigen yang memandu mereka langsung 'lesu'. Bagaimana tidak? Lagu ini adalah lagu yang paling 'mengerikan' bagi para dirigen Unhasy karena mereka jelas gagal membawa member untuk tampil dengan posisi badan yang tegap dan tenang. Pasukan akan secara otomatis menyanyi dengan menggoyangkan badan seheboh mungkin, walaupun koreonya es-u SU el-i-te LIT. SULIT. :D :D :D

H-3, semangaaaattt!!!! ^_^ ^_^

Jangan lupa pasukan sopran dan alto nanti jam 14.00 WIB kumpul untuk bikin flower crown ya. ^_^









______________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar