Minggu, 09 Februari 2020

Hari #6: Mulai Ada Shift

Pas ke ndalem belakang, hari ini, Jumat, 7 Februari 2020, di tempat duduk garasi ketemu Pak Iskandar, Ketua Pondok dan Mas Mahmud, Keamanan Pondok, juga beberapa orang yang jaga. Dari kemarin mulai diberlakukan shift jaga di ndalem belakang. Bu Nyai butuh istirahat, khawatir tamu membludak kayak sebelumnya. Pintu ndalem tutupan, tak kira ga boleh masuk atau ga nerima tamu. Ternyata Jumat memang hari 'istirahat' buat Bu Nyai, tapi kalau ada tamu masih dilayani. Makanya, kalau mau sowan, bilang dulu sama temen2 tadi biar disampaikan ke Bu Nyai. Nah, pintu ditutup itu berarti masih ada tamu di dalam. Ya Allah, Bu Nyai... Waktunya istirahat masih juga nerima tamu.










Tadi barengan sama kloternya ibuku, bareng Muslimat Perak. Karena pintu masih tutupan, akhirnya kloter ibuku ziarah dulu. Hari ini juga ada buku tamu. Bu Nyai ngutus bagiin jajan dan minum (Aqua). Karena saking banyaknya pengunjung kloter itu, ndilalah minumnya kurang padahal udah diisi sebelumnya. Makanya diisi lagi keranjangnya di sekitar pintu belakang. Pertama kalinya tau ruangan ndalem selain ruang tamu ya hari ini. Lihat foto-foto Bu Nyai dan Abah Yai di balik dinding ruang tamu juga hari ini. Tadi ketemu Gus Billy, tapi ga ketemu Gus Ipang. 

Bu Nyai juga pesen, kloter tamu berikutnya diminta duduk di tempat duduk garasi. Begitu tak sampaikan, ternyata tamunya juga banyak. Sampe ga muat. Bu Nyai memaklumi, biasanya tamu datang di ndalem pengasuh, lokasinya luas, sekarang ke ndalem pribadi. 

Akhirnya setelah kloter ibuku dan kloter berikutnya pulang, Mas Ndalem bilang jam 11 disudahi dulu. Ibu mau istirahat. Nanti jam 3 baru dibuka lagi. Finally, I went home.

Hari ini juga aku tau siapa yang nata sandalku, hehehe. Keluar dari ndalem, langsung sowan ke Abah Yai. Ternyata bunganya diperbarui. Hmmm, lihat kucing itu? Aku iri sama dia.

Btw, ada yang pinjam buku 7 Keajaiban Rezeki-ku dan akan dikembalikan sebelum 40 harinya Abah Yai. We'll see.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar